Cara mengatasi anak mengantuk dan tertidur dikelas

Beberapa kali saya menemukan anak muridku mengantuk dikelas, bahkan beberapa ada yang tertidur di dalam kelas saat pembelajaran. 

Untuk mengatasi masalah murid mengantuk atau tertidur di kelas, maka sebagai seorang guru harus tahu penyebab siswanya mengantuk di kelas.

Beberapa siswa saya yang kebetulan saya dapati sedang mengantuk di dalam kelas, saya panggil dan saya tanya mengapa mengantuk selama pelajaran ? Apakah tadi malam bergadang ? Jawabanya adalah ternyata tidak bergadang. Jam 10 malam udah tidur.  Bahkan ada yang jam 8 malam sudah tidur, tetapi jam 8 pagi sudah mengantuk dikelas. 

Untuk kasus siswa sering mengantuk atau tertidur dikelas, sebagai guru, kita jangan langsung memvonis siswa tersebut sebagai anak malas. Mengantuk di dalam kelas juga bisa berhubungan dengan kesehatan siswa seperti kesehatan mata, mata yang kurang sehat akan menyebabkan mata mengalami kelelahan, ini bisa juga menyebabkan siswa mengantug. 

Oleh karena itu, jika mendapati kasus anak didik sering mengantuk dan tidur di kelas, silahkan lakukan penyelidikan sampai ke analisa penyebabnya untuk mengambil tindakan yang tepat untuk membantu siswa kita tersebut terim kasih.

0 comments:

Post a Comment