Memelihara Burung Merpati Untuk Hobi

Memelihara burung merpati, saya jadi ingat dulu ketika masih  kecil, saya pernah memelihara burung merpati, warnanya putih hitam putih hitam, kalau di daerah saya warna tersebut namanya "bopong". Ada kesenangan sendiri ketika memelihara burung merpati, yaitu ketika mau bertelur, merpati jantang sangat lengket dengan merpati betina. Jadi kalau merpati jantan terbang atau berada di genting rumah, kemudian kita tunjukan merpati betina dengan cara memegangnya dengan tangan, merpati jantan itu akan terbang dan hinggap di atas merpati betina dean mulai mematuk matuk lembut sama merpati betinanya.

Untuk menernakkan merpati, termasuk burung yang mudah untuk di ternakan, sifat merpati yang mau pulang ke sangkarnya membuat kita lebih mudah. Ketika malam hari mulai datang, burung merpati akan masuk ke sangkar atau kandang dan tidur disana. Sedangkan kandang merpati bisa di buat dengan cara gampang, seperti memanfaatkan tong buah  untuk kandang. Pakan untuk burung merpati adalah jagung, meskipun demikian banyak makanan yang merpati juga doyan memakannya.


Ada banyak warna pilihan burung merpati, yaitu bopong, gambir, wangkas, mangsen dan lain lain. Untuk menernakan merpati sebaiknya kita memilih burung merpati bagus untuk indukannya, karena merpati yang bagus harganya bisa nembus berjuta juta. Biasanya merpati ini akan di ikutkan kontes adu merpati, baik itu untuk balap atau masuk ke kolongan. 

Banyak orang penggemar merpati yang berkumpul di sebuah tanah lapang ketika sore, di buat kolong untuk merpati, jadi meepati jantan akan di terbangkan dari  jauh, dan ketika merpati melewati tempat kolongan, pemilik merpati akan menunjukkan betinanya dengan cara di kepak kepakkan, ketika sang jantan melihat merpati betinanya dia akan turun dengan sangat cepat, sungguh indah melihat burung merpati yang menukik tajam ke bumi, begitu cepat dan mempesona. 

Aksesoris untuk burung merpati namanya "sawangan" sebuah peluit angin yang di pasang di ekor merpati dan ketika merpati tersebut terbang, maka akan terdengar bunyi "ngingggggggggggggggggggggggggggggggggggg" tetapi kalau merpati kita dipasang sawangan, maka akan banyak orang yang tahu bahwa merpati kita terbang melintas, bisa jadi ada orang usil yang mengelepakkan betina lain untuk membuat merpati kita turun, kalau hal itu terjadi, bisa hilang merpati kita.

Jika anda tertarik dengan merpati, mulailah dengan mempelajari ciri ciri tubuh merpati yang bagus, sehingga jika di pernakkan atau di pelihara, diharapkan akan menghasilkan keturunan yang bagus dan bisa dijual dengan harga jual yang tinggi.

Comments

Popular posts from this blog

Pilih mana Arisan Atau Menabung

Memperbanyak Like, Komen dan Follower Instagram Dengan Hublaagram

Aktor Korea Selatan Kang Ji Hwan