Cara Belajar Efektif Agar Belajar Maksimal

Belajar adalah suatu kegiatan yang harus terus dilakukan berapapun uisa kita, baik itu masih kecil, anak anak, remaja, dewasa dan tua, kita sebagai manusia harus tetep terus belajar. Jangan merasa sudah cukup dan sudah merasa pintar. Karena ilmu itu sangat luas sekali. Diharapkan setelah belajar, maka ada hasil dari proses belajar tersebut, yang tadinya tidak bisa menjadi bisa, yang tadinya tidak hapal menjadi hapal, yang tadinya kurang bijaksana menjadi lebih bijaksana. Itulah proses belajar yang berhasil, ada perubahan kompetensi, pengetahuan maupun sikap kita.


Tentu saja agar hasil maksimal dalam belajar, seorang yang belajar harus mengetahui cara berlajar yang efektif untuk dirinya sendiri. Beberapa cara efektif untuk belajar agar mendapatkan suskses belajar adalah sebagai berikut :

1. Cara Belajar dengan Membuat singkatan, cara belajar ini bisa digunakan untuk belajar hapalan, seperti belajar unsur gas mulia dengan menyingkat He Li Na Kawin Rb Cs Frustasi, silahkan gunakan cara menyingkat sesuatu yang harus dihapalkan, misalnya untuk menghapalkan Kata Kata langsung umum bebeas rahasia jujur dan adil bisa disingkat dengan LUBER JURDIL.

2. Cara Belajar dengan berpindah pindah tempat, cara belajar ini juga bisa menjadi efektif, dimana kita belajar dengan berpindah pindah tempat, misalnya belajar bab 1 di ruang tamu, bab 2 di kamar, bab 3 di teras, dengan cara ini diharapkan ingatan tempat belajar yang terambil akan menarik ingatan materi yang di pelajari.

3. Cara Belajar dengan praktik, ini bisa menjadi belajar yang efektif untuk meningkatkan kompetensi, misal belajar sholat, wudhlu, atau belajar merakit komputer atau belajar tentang berpikir positif, tentu saja ini harus di praktekan, karena kegunaan ini tidak hanya dalam batas teori tetapi praktik baik secara kompetensi, sikap maupun rasa.

4. Cara Belajar dengan menempelkan materi di dinding dinding rumah, baik di kamar, ruang keluarga, kamar mandi dan sebagainya, diharapkan kita belajar dengan sering melihat, sehingga tanpa disadari kita akan menjadi tahu, dan masih banyak cara belajar yang lainnya yang bisa menjadi cara belajar efektif, tetapi cara cara tersebut akan membawa efek yang berbeda beda. Dulu saya punya teman, tidak suka membaca, namun masih ingat pada saat di terangkan di depan kelas. Jadi sekali diterangkan rumus, maka sampai Ujian Nasional dia tetap mengingatnya. 

0 comments:

Post a Comment