Tips berusaha

Bismillah, allahuma solli ala muhammad.
Didalam kehidupan, manusia menginginkan sesuatu, dalam kehidupan pula diciptakan sebab akibat. Meskipun untuk beberapa hal sebab akibat tersebut bisa saja tidak berlaku, mungkin ini untuk menunjukkan bahwa ada kekuasaan yang lebih tinggi dari sebuah sebab akibat.

Untuk mendapatkan sesuatu, manusia harus berusaha. Meskipun ada beberapa orang yang tanpa usaha mendapatkan sesuatu. Ada yang bekerja keras untuk bisa membeli rumah, namun ada yang dia menerima pemberian rumah bahkan tanpa dia minta. Tetapi yang umum adalah usaha kemudian hasil.

Dalam keimanan kita akan membahas masalah keyakinan. Ilmu mengatakan bahwa rejeki itu di tangan Allah. Maka berusahalah untuk yakin dengan seyakin yakinnya, kalau bisa seolah olah kita melihat kebenaran ilmu itu secara langsung. Jika kita sudah yakin maka kita bisa memisahkan hubungan usaha dengan hasil secara jeli.  Bahwa hasil adalah pemberian dan usaha adalah kewajiban.  Ilmu mengatakan bahwa Allah adalah maha mengetahui. Kita harus meyakini hal tersebut bahwa apa yang diberikan Allah kepada kita itu adalah yang terbaik untuk kita. Bisa jadi apa yang sebenarnya kita inginkan adalah belum tentu baik untuk kita.

Usaha adalah kewajiban. Jadi harus kita lakukan dengan sebaik baiknya. Tidak untuk hasil. Karena untuk menjalankan tugas yang kita emban. Sebagai seorang ayah, kita di beri kewajiban untuk menafkahi keluarga. Sebagai seorang guru, kita diberi tugas untuk mendidik dan menilai secara adil terhadap siswa kita, sebagai petani kita diberi tugas untuk menanam padi dan sayur mayur dengan baik. Sebagai nelayan kita diberi tugas untuk menangkap ikan, sebagai pimpinan kita diberi tugas untuk memimpin dengan adil, bijak. Jika semuanya berperan dengan baik sesuai tugasnya dan tidak mementingkan diri sendiri seperti memperbanyak kekayaan, tentu saja akan tercipta keadaan yang kondusif. Nelayan menangkap ikan, petani menanam padi, pedagang membeli dan menjual dengan jujur, pejabat mengatur pupuk dan harga. Sungguh suatu keadaan yang harmonis. Tetapi ini mungkin telah bergeser, kelangkaan pupuk, kelangkaan bahan bakar ini akan menyebabkan keadaan menjadi ta terkendali. Dan ini semua merupakan pelajaran buat kita semua.

Ketika kita berusaha maka berusahalah dengan sebaik baiknya. Karena pertolongan Allah akan datang dari arah yang tak disangka sangka.  Yang perlu kita lakukan adalah berusaha dan yakin seyakin yakinnya kepada Allah.

0 comments:

Post a Comment